Monday, August 13, 2012

Bali International Choir Festival 2012

Hey guys, long time no see u!
Aku sangat sibuk dengan kegiatan kuliah belakangan ini, laporan praktikum dan penelitian yang sedang kukerjakan membuat waktuku untuk beristirahat mejadi sangat sempit. Tapi itu semua terbayar dengan skor GPA yang sangat memuaskan :)

Selain sibuk dengan urusan kuliah, aku juga mempersiapkan kompetisi di Bali bersama paduan suaraku. That's Bali International Choir Festival (BICF) 2012. Dalam kompetisi ini paduan suaraku mengikuti tiga kategori, yaitu Mix Choir, Folklore, dan Pop and Jazz.

And here we go...

Kami menempuh perjalanan selama lebih kurang 16 jam untuk dapat sampai di Bali. Dan setibanya di Bali, tujuan pertama kami adalah Tanah Lot! Kami hanya dapat berwisata di awal perjalanan, karena setelah rangkaian kompetisi kami harus segera pulang.







Senang sekali karena waktu kami berkunjunga ke sana, pantainya sedang sepi pengunjung dan sepertinya bus kami adalah bus yang parkir pertama di hari itu :D di Tanah Lot aku membeli beberapa dream catcher untuk dibawa pulang ke Solo sebagai buah tangan untuk teman-teman :) Sebenarnya setelah ini kami pergi ke Joger Tuban, tapi karena terlalu asyik memilih barang, aku jadi tidak sempat mengambil foto.

BICF day 1 - Aug 7, 2012 - Mix Choir category

Woohoooo hari pertama adalah harinya mix choir. Get ready for Jagdlied and Gloria 3. And here's our super elegant outfit :)





Ada insiden kecil yang aku alami sebelum tampil di panggung huhu.. My mom bought me a new super elegant earings and I wore it for the very first time at mix choir competition. I don't know that those earings not so comfort to wear and it hurts my ears :'( Aku memutuskan untuk melepasnya beberapa saat dan berharap telingaku tidak sakit lagi, tapi anting baruku malah patah waktu kulepas T.T Thank God there's Astisa who brought some transparent tape with her, aku meminta beberapa isolasi dari Astisa dan dibantu oleh Ifa untuk menyatukan kembali antingku yang patah. Terlihat aneh, tapi untung kalau di kamera tidak kelihatan :P Thanks to Astisa and Ifa ;)

And about the competition it self, well... kami merasa kami sudah menampilkan yang terbaik yang kami bisa :)

BICF day 2 - Aug 8, 2012 - Folklore category

Folklore yeaaaayy!! Ondel-ondel and Toki Tifa! I love folklore 'cause high hells are not include on our costume xD




Jujur aja, tiap kompetisi kategori folklore aku selalu minder sama kostum choir lain. So well done dan kostum kami ga ada apa-apanya :') Tapi kostum kami eye catching kok :D Semua sangat total di kategori folklore ini, memang sangat susah untuk mengontrol emosi dan excitement di panggung, tapi kami sudah berusaha.

BICF day 3 - Aug 9, 2012 - Pop and Jazz category, Winner Announcement, Grand Prix Competition

Hari ini berjalan dengan sangat menyenangkan. Unbelievable, rasanya seperti menjalankan sebuah skenario FTV. Di hari ini aku bangun pagi dengan cara yang tidak layak -,- Bangun karena rambutku disemprot hairspray oleh Mas Janta zzzzzz.. Waktu make up hari ini juga lebih sebentar dibandingkan hari-hari sebelumnya. Ditambah lagi hari ini kami check out dari hotel! Kebayang kan, ribet packing, make up, dsb aaaaaaa!


Foto tim menggunakan kaos resmi BICF 2012 di Hotel Satrya Ayu, tempat kami menginap
Well, aku pribadi merasa ada yang kurang di penampilan folklore kemarin dan aku akan membayarnya hari ini. I'll eat you Roman Picisan and Chilli Con Carne!! And we prove it, seusai penampilan pop and jazz kami semua menangis, kami merasa puas akan penampilan kami. "Bagus banget" kata Mbak Mayang sambil mengusap air matanya :')




Waktu itu masih sekitar jam 12:30 WITA dan menurut panitia winner announcement akan dilaksanakan pukul 14:00 WITA. Tapi panitia bilang mungkin tidak tepat waktu. Lokasi kompetisi dan winner announcement berbeda. Kalau kompetisinya di Art Center dan winner announcement dilakukan di GBI R.O.C.K. Jarak kedua tempat itu lumayan jauh apalagi kalau macet. Jadi kami memutuskan untuk singgah di Khrisna, semacam toko souvenir yang letaknya sejalan dengan arah dari Art Center ke GBI. Dan kami pun lupa waktu. Sekitar pukul 14:10 WITA kami baru meninggalkan Khrisna. Di jalan, salah seorang anggota kami yang adiknya juga ikut kompetisi ini menyampaikan bahwa conductor sudah diminta maju ke depan. AAAAAAAA gimana iniiii... Pengumuman pertama adalah youth choir dan setelah itu Mix Choir. Adik teman kami itu mengabarkan mix choir sudah masuk ke medali silver ..... masuk gold .... AAAAAAAAA kami semakin histeris, padahal kami tidak tau kami dapat medali apa. Sesampainya di GBI kami langsung turun dari bus dan lari berhamburan masuk ke gedung GBI. Dari luar gedung sudah terdengar lagu "We are The Champion" dan beberapa orang di luar gedung bilang "Kalian grand championnya, kalian grand championnya!" Bingung, linglung, ga tau apa2, dan tetap berusaha menerobos kerumunan orang dan alangkah kagetnya aku pas lihat big screen yang lagi nyorot temen2ku berpelukan dan menangis. Is this real? We are the champion for Mix Choir category? Punch me! Aku langsung lari ke panggung sambil nahan nangis, begitu juga dengan teman-temanku. Mix choir guys, mix choir! Kami mengalahkan 23 paduan suara yang kualitasnya WOW semuaa! Puji Tuhan, thanks Jesus! Dan berkat serupa juga kami dapatkan untuk kategori Folklore dan Pop and Jazz! Kami memperoleh gold medal nilai tertinggi untuk semua kategori yang kami ikuti! Kami jadi champion di tiga kategori! AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!




Sudah menangisnya, grand prix competition menanti. Di winner concert, kami menyanyikan lagu Toki Tifa dan Chilli Con Carne. Kami tampil terakhir dengan gelar paling panjang hehehe... Dan tadaaaaaaaaaaaaaaaaaa kami menjadi champion of champion! Terima kasih Tuhan, sungguh berkah yang luar biasa, sungguh imbalan dari kerja keras yang tidak pernah kami bayangkan sebelumnya akan begitu indah dan besar :')




Terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu dan telah mendoakan kami. Kami tidak akan bisa seperti ini tanpa dukungan dari kalian semua! Inilah kado spesial dari kami untuk UNS tahun ini :)


Tiga buah trophy champion dan satu buah trophy grand prix champion
Atau singkat cerita perjalanan kami dapat dilukiskan di gambar di bawah ini..



Decide that you want it more than you are afraid of it. - Bill Crosby
Tuhanku yang Maha Baik ada dimana-mana, Ia selalu mendengarkan pengharapanku dan memantau perjuanganku. Ia tau apa yang terbaik buatku dan memiliki rencana yang amat sangat indah buatku, buat orang-orang yang percaya kepada-Nya :) viva Voca Erudita

Special Thanks to Virina Sekar Arum, ketua panitia BICF, a lady, the real captain :)

No comments:

Post a Comment