Tuesday, March 6, 2012

Puzzle Kehidupan

Disadari atau tidak, hidup itu seperti puzzle. Entah kapan potongan puzzle akan tersusun menjadi sebuah gambar yang indah apabila kita hanya memandangi potongan-potongan puzzle tersebut dan terus mengira-ngira dimanakah tepatnya letak dari tiap potongan puzzle tersebut. Potongan puzzle tersebut akan segera tersusun menjadi gambar yang utuh apabila kita segera mencoba menggabungkan potongan-potongan tersebut satu per satu. Tidak masalah apabila satu dua kali salah meletakkan potongan puzzle. Kesalahan tersebut mendorong kita untuk belajar mengenali pola tiap potongan puzzle sehingga ke depannya kita akan semakin jarang melakukan kesalahan dan puzzle akan segera tersusun dengan rapi. Ya, hanya jika kita mau belajar dari kesalahan dan mau menganalisa tiap kesalahan tersebut menjadi suatu strategi untuk melangkah lebih tepat.

Tidak hanya belajar dari kesalahan, kita juga harus belajar dari kesuksesan yang telah kita peroleh. Apa yang sudah kita perbuat sehingga kita berhasil menggapai kesuksesan tersebut, seberapa besar pengorbanan dan usaha kita, dan perjuangan-perjuangan lain yang tidak kita sadari sudah membantu kita dalam mencapai level sukses. Mungkin kita perlu melakukan hal yang sama, berjuang dengan kekuatan yang sama atau bahkan lebih kuat lagi.

Di dunia ini tidak ada yang namanya kebetulan. Kita tidak dapat mengklaim orang dengan harta menumpuk, kebahagiaan tiada dua, atau luar biasa berhasil sebagai orang yang beruntung. Tiap-tiap mereka pasti sudah melakukan suatu usaha yang mungkin sebagai pengamat kita hanya melihat sebagian kecil dari usaha yang mereka lakukan sehingga kita menganggap hal tersebut sebagai sebuah keberuntungan. Berjuanglah! Take an action to fulfill your what-should-I-do-before-die to do list :)

“The harder you work, the luckier you get” -Gary Player

No comments:

Post a Comment